Kandungan Kulit Manggis Yang Baik Untuk Kesehatan

Kandungan Kulit Manggis Yang Bermanfaat Untuk Kesehatan - Herbalkulitmanggis.com,- Bukan hanya daging buahnya yang bisa dikonsumsi dari manggis itu, kulit manggis pun bisa dikonsumsi sebagai obat herbal yang bisa menyembuhkan berbagai penyakit. Rasa yang manis dari daging buahnya dan rasa pahit dari kulit manggis mempunyai berbagai kandungan yang bermanfaat untuk kesehatan.

Pada kesempatan ini akan mengulas mengenai kandungan kulit manggis yang kaya akan senyawa aktif untuk mendukung kesehatan tubuh. Hasil penelitian bahkan menunjukkan bahwa kulit manggis sangat kaya akan antioksidan terutama pada senyawa xanthone, ada juga senyawa lain bernama tanin, antosianin dan asam fenolat. Kandungan kulit manggis juga memiliki 62,05% air, 0,63% lemak, 0,71% protein dan 35,61% karbohidrat.

kandungan kulit manggis

Kandungan Kulit Manggis Yang Bagus Untuk Kesehatan

Untuk mendapatkan kandungan kulit manggis yang banyak itu, anda bisa mengolah kulit manggis menjadi jus atau ramuan herbal. Jika malas untuk mengolahnya, banyak juga yang menjual jus kulit manggis di Toko Obat Herbal.

Xanthone

Xanthone ini menjadi senyawa dari kandungan kulit manggis yang paling mendominasi. Kadarnya yang tinggi memiliki sifat baik dan bermanfaat untuk tubuh. Di antaranya adalah anti-peradangan, anti-inflamasi, anti-diabetes, anti-kanker, anti-bakteri dan mampu meningkatkan kekebalan tubuh. Kemudian senyawa xanthone juga memiliki senyawa turunan yang dikenal dengan nama alfa-mangostin dan gamma-mangostin. Keduanya mampu mencegah serangan penyakit.

Tanin

Kandungan kulit manggis yang kedua adalah tanin, senyawa ini memiliki aktifitas antioksidan yang mampu menghambat enzim seperti DNA topoisomerase, anti-diare, hemostatik, anti-hemoroid dan menghambat pertumbuhan tumor (tumor baik atau tumor jahat).

Antosianin

Senyawa ini memiliki kemampuan yang cukup penting dalam upaya pencegahan penyakit seperti kanker, diabetes dan kardiovaskular. Kandungan kulit manggis yang ketiga ini mampu mencegah serangan jantung atau sejenis penyakit jantung.

Anti-inflamasi

Penelitian membuktikan bahwa dengan menggunakan mangostin dari ekstrak etanol 40% yang memiliki aktifitas penghambatan terhadap pelepasan nistamin dan sintesis prostagladin E2 sebagai perantara inflamasi. Ternyata, ekstrak etanol pada kulit manggis mampu meredam radikal bebas secara kuat.

Anti-kanker

Kandungan kulit manggis lainnya adalah anti-kanker, senyawa xanthone yang memiliki sifat antiproliferasi mampu menghambat pertumbuhan sel kanker. Selain itu bersifat apoptosis juga yakni membuat sel kanker melakukan bunuh diri.

Banyaknya kandungan kulit manggis yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh harus dimanfaatkan secara optimal. Bisa juga dijadikan sebagai upaya pencegahan berbagai penyakit seperti kanker serviks, kanker payudara, diabetes, miom, kista, stroke dan lain-lain. Mengkonsumsi ramuan kulit manggis lebih aman dan murah serta tidak menimbulkan efek samping.

Itulah ulasan mengenai kandungan kulit manggis yang bisa disampaikan. Semoga Bermanfaat.